4 Tips Mengolah Petai Agar Tidak Bau

Bagi pecinta petai dan sejenisnya pasti sudah tidak asing lagi dengan aroma khas yang dimiliki oleh petai. Biasanya petai sering dibuat sebagai lalapan dalam berbagai hidangan. Tidak hanya itu, namun petai juga sering menjadi menu utama di daerah pedesaan.
Petai dapat diolah menjadi banyak sekali makanan khas, diantaranya sambal goreng, tumis, dan menu berkuah juga dapat ditambahkan dengan petai. Aroma khas yang ada pada petai sebenarnya menjadi daya tarik sendiri yang dapat menggugah selera makan. Namun bagi yang kurang suka dengan aroma petai, sepertinya perlu mencoba beberapa tips berikut ini:

Panggang petai terlebih dahulu

Cara mengurangi bau pada petai yang pertama yaitu dengan memanggang terlebih dahulu petai beserta kulitnya. Hal ini dipercaya mengurangi bau menyengat yang ada pada petai. Biasanya cara ini dilakukan ketika akan memasak sayur lodeh, sambal teri, dan berbagai hidangan lainnya yang melibatkan petai.
Selain membakar secara langsung dengan kulitnya, dapat juga dengan cara mengupas petai terlebih dahulu kemudian menusuknya sebagaimana menusuk sate baru memanggangnya pada bara api. Selain mengurangi bau, juga dapat membeikan cita rasa tersendiri sehingga menjadi lebih nikmat ketika dimakan.

Rebus Petai Bersama Kulitnya

Cara mengolah petai selanjutnya agar tidak meiliki bau yang menyengat yakni dengan merebusnya terlebih dahulu. kali ini merebusnya cukup unik, yaitu bersama dengan kulitnya. Sehingga sebaiknya hati hati ketika petai sudah masak, jangan langsung diolah. Namun tunggu hingga petai dingin kemudian dikupas.
Cara ini patut dicoba agar setelah mengonsumsi petai tidak mengalami bau mulut. Biasanya cara ini sering digunakan ketika akan membuat olahan berupa sambal petai. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi aroma yang menyengat yang dapat mengganggu aroma khas dari sambal tersebut.

Rendam dalam Air Garam

cara selanjutnya yaitu dengan merendam petai dengan air garam terlebih dahulu. Garam yang bercampur dengan air mampu menetralkan aroma yang ada pada petai. Langkahnya cukup merendam biji petai pada wadah yang berisi air garam. Biarkan hingga petai sedikit layu, kemudian cuci bersih dengan air yang mengalir.
Setelah itu barulah petai dapat digunakan untuk memasak, yang nantinya akan menjadi olahan yang rasanya luar biasa enak. Selain mengurangi bau yang mengganggu, air garam juga akan memberi cita rasa tersendiri yang mampu membuat petai semakin gurih dan lezat.

Goreng Hingga Matang

Cara yang keempat untuk mengurangi aroma menyengat pada petai yakni menggorengnya hingga benar-benar matang. Sebaiknya gunakan api kecil saat menggoreng petai, agar tidak mudah gosong.
Petai yang telah digoreng, memberi cita rasa tersendiri bagi penggemar makanan yang berbahan petai. Selain tidak berbau, daging dari biji petai tersebut juga empuk dan gurih. Petai goreng biasanya disantap bersama ayam goreng dan juga sambal tomat.

Penutup

Beberapa cara tersebut mampu membuat aroma petai menjadi berkurang, tanpa mengurangi selera makan. Jadi tidak perlu minder lagi setelah makan petai.
Selain petai merupakan makanan yang nikmat, petai juga dapat memberikan efek yang baik. Salah satunya yakni meningkatkan konsentrasi.
Konsentrasi akan meningkat jika mengonsumsi petai bersama dengan sambal. Faktanya, banyak orang yang suka makan sambal petai kemudian merasa lebih fokus dalam melakukan kegiatan. Hal ini dikarenakan kandungan pada petai dan cabai yang mampu merangsang tingkat konsentrasi. Jadi, jangan ragu lagi untuk memilih petai sebagai menu utama saat sarapan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *