5 Cara Mengelola Uang Gajian Secara Cerdas

cara mengelola uang gajian

Cara mengelola uang gajian mempengaruhi aset kamu di masa yang akan datang loh teman-teman. Tapi sayangnya banyak dari kita yang kurang paham bagaimana mengelola uang gajian tersebut secara benar. Alhasil jika cara mengelola uang gajian yang kita lakukan salah, maka tak menutup kemungkinan uang gajian kita akan habis di tengah bulan. Selain itu bisa juga kita tidak mempunyai simpanan atau aset yang bisa kita perutukkan di masa yang akan datang.

Untuk itu belajar cara mengelola uang gajian secara tepat perlu kamu lakukan. Agar banyak hal yang bisa kamu raih dan uang dari hasil kerja kerasmu bisa lebih berfungsi serta bermanfaat untuk kamu dan sekitar. Berikut ini kita akan mencoba membahas berbagai langkah dan cara yang bisa kamu tempuh agar kamu bisa mengelola uang gajian secara cerdas.

Contoh Cara Mengelola Uang Gajian Secara Cerdas

Contoh-contoh cara mengelola uang gajian berikut ini bisa kamu jadikan acuan ya teman-teman. Dengan begitu uang gajian yang kamu miliki bisa lebih tertata dan memberikan manfaat yang lebih.

  • Membuat Anggaran Tiap Bulan

Cara mengelola uang gajian secara cerdas perlu kamu lakukan dengan membuat anggaran yang tepat setiap bulannya. Dimana kamu harus sudah bisa memperkirakan apa saja list pengeluaran yang akan kamu bayarkan setiap bulannya. Dari mulai kebutuhan primer, kemudian kebutuhan sekunder hingga kebutuhan tersier yang harus kamu coba penuhi tiap bulannya.

Untuk kebutuhan primer yang pertama harus kamu anggarkan biayanya adalah makan, kemudian biaya listrik, lalu cicilan, dan ongkos untuk kendaraan. Selanjutnya untuk kebutuhan sekunder yang juga harus kamu anggarkan adalah kebutuhan belanja, lalu kebutuhan liburan dan kebutuhan hangout bersama teman-teman kalian.

  • Utamakan Anggaran untuk Lunasi Tagihan Bulanan

Nah saat membuat anggaran tiap bulan ada baiknya memang kamu lebih mengutamakan tagihan yang harus kamu lunasi. Diantaranya paket telepon, kemudian token listrik dan berbagai tagihan bulanan lainnya. Alhasil kamu bisa secara cepat tau sisa uang yang kamu punya dan bisa menganggarkan untuk kebutuhan menabung dan berbagai belanja serta traveling yang kamu rencanakan.

  • Amankan Uang untuk Aset (Tabungan dan Investasi)

Selanjutnya cara mengelola uang gajian yang cerdas juga menganggarkan untuk bagian tabungan atau aset. Dimana uang ini nantinya bisa kamu keluarkan nanti, misalnya 5 tahun ke depan. Kamu juga bisa mewujudkannya menjadi sebuah benda. Misalnya emas dan berbagai aset saham juga patut kamu pertimbangkan.

  • Ada Baiknya Membuat Laporan Pengeluaran Harian

Agar pengelolaan uang gajian semakin baik, maka kamu jangan lupa untuk membuat laporan. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan selalu menyimpan struk belanja yang kamu peroleh. Kemudian salinlah belanjaan yang ada di struk tersebut ke laporan keuanganmu. Nah kamu juga bisa mempermudah pembuatan laporan keuangan dengan aplikasi keuangan yang sudah banyak beredar. Dengan begitu maka keuangan kamu setiap waktu terkelola dengan baik.

  • Paling Tidak Ada Dua Rekening

Mempunyai dua rekening merupakan sebuah hal yang ideal loh. Dengan begitu kamu bisa mempergunakan satu rekening untuk transaksi keluar masuk. Dan rekening satunya lagi untuk anggaran aset atau tabungan. Kemudian ada baiknya kamu juga menentukan saldo minimal tabunganmu setiap bulannya. Karena dengan begitu kamu akan merasa wajib untuk mengisinya.

Setelah kamu tau cara mengelola uang gajian secara cerdas, maka coba aplikasikanlah. Semakin bijak kamu mengaplikasikan uang gajianmu maka secara tidak langsung kamu sedang berusaha menghargai kerja keras yang kamu lakukan selama  ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *