Cara Mendasar Membedakan Pipa SNI

Cara Mendasar Membedakan Pipa SNI

Untuk membangun sebuah bangunan pastinya membutuhkan saluran air untuk membuat kamar mandi atau lain sebagainya. Penggunaan saluran air tentunya dipilih yang bagus dan berkualitas agar saluran air tersebut tidak mudah mengalami kerusakan dan dapat bertahan hingga jangka waktu yang lama. Untuk membuat saluran air biasanya diperlukan pipa. Ada beberapa jenis pipa dan juga fungsinya yang juga berbeda-beda. Pipa yang memenuhi kriteria yang ada di Indonesia adalah dengan memilih pipa yang sudah sesuai dengan standar nasional atau biasanya disebut dengan pipa SNI.

Beberapa Cara Membedakan Pipa SNI

Menggunakan pipa yang sesuai dengan SNI tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Untuk itu ada beberapa cara membedakan pipa PVC SNI , diantaranya adalah:

1.    Ada Capnya Dari SNI

Setiap negara memiliki standar yang berbeda-beda. Sama halnya dengan di Indonesia, standarnya adalah  semua jenis produk yang diberi label oleh SNI. Oleh karena itu cara yang paling mudah untuk membedakan pipa mana yang sudah SNI dengan yang belum adalah adanya label yang biasanya sudah dicantumkan pada pipa tersebut.

Memang di pasaran terdapat berbagai macam pipa yang tidak hanya memiliki standar di Indonesia saja. Perbedaan yang cukup mencolok dari pipa yang sudah SNI adalah adanya label. Untuk itu apabila anda menginginkan pipa yang sudah SNI anda dapat menanyakan kepada penjual pipa tersebut.

2.    Memiliki 2 Sistem Untuk Penyambungan

Setiap pipa pada umumnya memiliki sistem penyambungan yang berbeda. Begitu pula dengan Pipa SNI yang memiliki 2 sistem untuk penyambungannya. Yang pertama adalah sistem rubber ring yang menyambungkan ujung satu dengan satunya lagi dengan fitting yang digunakan seperti ring karet. Kemudian juga dapat menyambungkan dengan sistem solvent cement, yaitu penyambungan pipa dengan cara menyatukan ujung satu dengan fitting berupa lem.

Sistem penyambungan tersebut berguna agar pipa yang sudah disambung tidak mudah untuk rusak ataupun bocor pada saat digunakan. Untuk itu anda harus memastikan pipa sudah tersambung dengan benar.

3.    Panjang Pipa Yang Beragam

Setiap standard pipa PVC tentunya memiliki panjang yang berbeda-beda dan banyak variasinya. Namun untuk pipa yang sudah ber-SNI  memiliki ukuran dengan diameter yang cukup kecil yaitu dibawah 1-1/4 yang juga tersedia dengan panjang 4 meter per batangnya. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar di atasnya juga tersedia dalam ukuran 6 meter per batangnya.

Panjang pipa yang bervariasi tersebut dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Pastikan anda memilih ukuran pipa yang sesuai agar air dapat mengalir dengan lancar tanpa adanya kekurangan atau kelebihan karena salah menentukan panjangnya.

4.    Diameternya Ada Perbedaan

Pipa ini memiliki diameter yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat. Untuk itu pipa seperti ini bisa digunakan dalam segala bentuk kebutuhan. Diameter dari pipi air ini mulai dari 1/2” hingga ada yang 32”. Pastikan anda mencari pipa yang memiliki diameter seusai dengan kebutuhan anda, karena setiap kebutuhan pipa yang akan digunakan mempunyai diameter yang berbeda.

 

Itulah beberapa hal mendasar yang dapat dijadikan patokan untuk membedakan mana yang pipa belum SNI ataupun pipa SNI. Pipa yang sudah memenuhi SNI tentunya memiliki banyak kelebihan dan juga memiliki ketahanan yang bagus hingga 5 tahun.

Agar anda tidak salah pilih, untuk pipa ber-SNI maka harus membeli dari merek yang terpercaya yaitu Rucika. Karena Rucika jika anda cek di www.rucika.co.id perusahaan Rucika selalu mengeluarkan pipa dengan standar SNI dan kualitas terbaik di kelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *