Cara Mengolah Beras Basmati

beras basmati

Beras basmati merupakan salah satu beras yang berasal dari India. Ciri dari beras ini adalah bentuknya panjang, aromanya wangi dan mempunyai tekstur yang tidak lengket serta harga yang lumayan mahal. Namun sebenarnya tahukah kalian bahwa beras basmati termasuk beras India biasa, hanya saja jika kamu ingin mendapatkannya di Indonesia maka beras tersebut harus di import. Nah dulu ketika kebijakan pemerintah menetapkan bahwa kita tidak boleh import beras, beras basmati mempunyai harga 90rb.

Beras ini biasanya sangat pas apabila kamu gunakan untuk mengolah masakan India maupun Arab. Diantaranya saat membuat nasi mandi, biryani, kabsa maupun resep masakan lain yang membutuhkan nasi dengan ciri seperti nasi dari beras basmati. Beras India ini mempunyai dua macam jenis ada yang panjang da nada yang mudah patah sehingga kamu harus memahami bagaimana cara mengolah beras basmati secara benar.

Ragam Cara Memasak Beras Basmati

Cara untuk memasak beras jenis ini ada berbagai macam. Nah tentunya cara memasak ini harus kamu perhatikan dan sesuaikan dengan resep masakan yang akan kamu olah. Berikut ini ada beberapa pilihan cara mengolah beras basmati saat di rumah.

  • Panci Terbuka

Cara memasak ini menyerupai ketika kita memasak mie atau rebusan lainnya. Yang kita butuhkan hanya panci yang cukup besar dan saringannya. Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi panci dengan air yang cukup banyak dan didihkan. Kemudian berilah garam sekitar satu sendok teh. Sambil menunggu mendidih, kita bisa mencuci beras ini di saringan hingga bersih (hingga air tetesannya berwarna bening). Hal tersebut perlu kamu lakukan untuk mendapatkan tekstur beras yang tidak lengket. Selanjutnya masukkan beras yang sudah kamu cuci ke dalam air yang sudah mendidih. Upayakan merebus beras hingga beras bergerak ke atas dan ke bawah. Jika sudah maka kamu bisa mematikan kompor dan mendiamkan nasi terbut selama + 14 menit. Lalu pindahkan nasi ke dalam panci yang ada saringannya dan tutup rapat sampai 15 menit. Dan beri mentega sekita satu sendok makan serta tunggu 1 menit hingga beras basmati bisa kamu sajikan.

  • Panci Tertutup

Cara ini mmembutuhkan takaran yang pas. Dimana jika kamu memasak 1 liter beras maka kamu harus merebuskan dengan air sebanyak 1,6 liter. Tentunya setiap jenis beras mempunyai perbandingan air yang berbeda yaa sehingga kamu tidak bisa sembarangan. Nah beras yang sudah kamu cuci perlu kamu rendam selama 30 menitan menggunakan air biasa. Setelah kamu tiriskan tambahkan air 1,6liter dan rebus sampai mendidih. Jika sudah maka nasi setengah jadi tersebut perlu kamu tirinkan kembali dan baru dimasukkan ke dalam panci yang mempunyai saringan. Masak dengan api kecil kurang lebih 15 menitan, kemudian matikan kompor dan aduklah nasi tersebut. Setelah itu tutuplah kembali sampai 5 menitan barulah nasi tersebut bisa kamu coba.

  • Rice Cooker

Cara memasak beras basmati di rice cooker sebenarnya juga mudah. Bahkan lebih praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sebelum kamu memasak dengan rice cooker, beras ini perlu kamu rendam kurang lebih 5 menitan. Setelah itu kamu bisa menyalakan rice cooker dan tambahkan air yang cukup. Apabila kamu ingin menambahkan bumbu maka kamu tumis terlebih dahulu bumbu yang ingin kamu tambahkan. Kemudian tambahkan air sesuai dengan takaran dan masukkan air berbumbu tersebut ke dalam rice cooker.

  • Kukus Uap

Selanjutnya ada kukus uap, cara ini sebenarnya merepotkan karena kamu membutuhkan panci khusus atau spesial. Kukusan nasi ini sebenarnya bisa kamu peroleh dengan mudah apabila kamu hidup di pedesaan. Caranya pun hampir sama, pertama kamu harus mencuci bersih kemudian rebus beras menggunakan air berbumbu maupun polosan. Jika sudah mendidih dan air berkurang maka beras bisa kita tiriskan dan pindah ke kukusan nasi. Tunggu beberapa saat hingga uap keluar dan aduklah selama 5 menit baru bisa kamu hidangkan.

Beberapa cara di atas bisa kamu coba ketika sedang memasak beras basmati. Sebenarnya masih ada cara lain yang juga bisa kamu coba seperti menggunakan microwave maupun oven. Untuk penyimpanan beras basmati jangan sampai bersentuhan dengan lantai ataupun kamu simpan dalam kulkas. Kecuali jika sudah dalam bentuk nasi maka bisa bertahan dalam kulkas 4 hari dan di dalam freezer bisa beratahan 3 mingguan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *