Kriteria Popok Bayi Baru Lahir yang Tepat untuk Si Kecil

popok newborn

Semua orang tua pasti berhati-hati ketika memilih popok bayi baru lahir untuk Si Kecil. Pasalnya bayi baru lahir umumnya memiliki kulit yang sensitif sehingga lebih mudah mengalami ruam atau iritasi. Anda harus memilih popok dengan cermat agar mendapatkan popok terbaik. Ketahui apa saja kriteria popok newborn yang tepat agar aman dan nyaman untuk Si Kecil.

Inilah Kriteria Popok Bayi Baru Lahir yang Tepat

Apa saja kriteria popok yang aman untuk bayi baru lahir? Berikut penjelasannya untuk Anda:

1. Berdaya Serap Tinggi

Kriteria pertama untuk popok Si Kecil yaitu memiliki daya serap yang bagus. Bayi baru lahir hanya mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu) saja sehingga intensitas buang air kecil dan besarnya tinggi. Jika daya serapnya rendah, maka popok akan lebih mudah lembab dan cepat penuh. Sebaliknya, popok berdaya serap tinggi tidak mudah penuh sehingga Si Kecil bisa nyaman.

2. Breathable

Selain memiliki daya serap yang tinggi, popok bayi juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Istilahnya popok harus breathable. Penyebab utama ruam dan iritasi biasanya kelembaban di dalam popok. Apabila sirkulasi udaranya baik, maka kulit bayi tidak akan lembab dan jamur pun tidak bisa tumbuh.

3. Memiliki Permukaan yang Lembut

Kulit bayi baru lahir masih sangat lembut dan sensitif. Jadi pastikan menggunakan popok yang memiliki permukaan lembut juga. Apabila popok yang Anda pilih kasar, maka Si Kecil berisiko terluka. Pasalnya gesekan antara popok dan kulit sensitif terkadang bisa menimbulkan luka.

4. Pilih Ukuran NB

Kriteria popok bayi baru lahir selanjutnya yaitu memiliki ukuran yang tepat. Hampir semua produsen popok sudah memiliki ukuran NB atau newborn khusus untuk bayi baru lahir. Biasanya bayi baru lahir memiliki berat badan kurang dari 5kg. Popok ukuran NB bisa dipakai sampai berat badan 5kg.

5. Usahakan Memiliki Fitur U-Shape

Bayi baru lahir memiliki pusar yang masih sangat sensitif dan harus dijaga dengan baik. Pemilihan popok harus dilakukan dengan tepat agar bagian pusar tidak bergesekan dengan popok. Cari popok yang memiliki fitur U-Shape pada bagian pusar. Jadi pusar bisa aman dari gesekan dengan popok.

6. Pilih Popok Tipe Perekat

Ada dua jenis popok bayi yang beredar di pasaran yaitu tipe perekat dan celana. Bayi baru lahir paling cocok memakai popok perekat. Karena belum bisa menggerakkan tubuhnya sendiri, popok perekat masih aman dipakai newborn. Selain itu, cara memakaikan popok perekat juga lebih mudah dibandingkan popok celana.

7. Tidak Mudah Bocor

Kriteria popok terbaik tentu saja popok yang tidak mudah bocor melalui celah-celah. Biasanya popok yang tidak mudah bocor memiliki elastisitas dan pelindung samping. Cari popok dengan teknologi terbaru SAP (Super Absorbent Polymer) karena tidak mudah bocor dan anti gumpal.

8. Bebas Parfum, Pewarna, dan Pemutih

Kulit bayi sangat sensitif jadi pastikan popok yang dipilih bebas dari bahan kimia. Mulai dari parfum, pewarna, maupun pemutih. Untuk mendapatkan informasi kandungannya, Anda harus membaca spesifikasi popok dengan baik sebelum membeli.

Nah, sudah tahu bukan bagaimana popok bayi baru lahir yang aman dan nyaman untuk Si Kecil? Jangan bingung lagi mencari karena MAKUKU SAP Diapers Slim hadir untuk Anda. Popok generasi terbaru menggunakan inti struktur SAP yang anti gumpal dan anti ruam. Ada ukuran newborn yang memang didesain untuk bayi baru lahir. Dapatkan MAKUKU SAP Diapers Slim di toko kesayangan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *