Macam dan Kegunaan Diffuser

manfaat diffuser

Penggunaan diffuser atau pelembap ruangan kini semakin menjadi tren di masyarakat. Biasanya diffuser ini digunakan bersama essensial oil yang dapat memberikan aroma terapi sejuk dan menyegarkan. Selain itu kalian tahu tidak, diffuser itu ada jenisnya dan berbeda pula manfaat diffuser nya. Tentu untuk memilih diffuser harus sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Penggunaan diffuser di dalam ruangan dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan. Dengan begitu, tidak hanya udara yang wangi saja, namun juga kegunaanya yang berguna untuk anda.

Dengan macam diffuser yang memiliki manfaat  diffuser berbeda-beda, hasil memanaskan minyak esensial juga beda. Berikut jenis-jenis diffuser

Diffuser lilin (candle diffuser)

Diffuser ini termasuk yang paling mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau. Cara kerjanya dengan meneteskan minyak esensial dan air di wadah diffuser, lalu letakkan lilin yang sudah dinyalakan di bawahnya.

Meski praktis dan mudah digunakan, penggunaan suhu panas pada diffuser ini diduga dapat mengubah struktur kimia minyak esensial, sehingga membuat fungsi aromaterapi menjadi kurang efektif.

Evaporative diffuser

Evaporative diffuser merupakan diffuser yang tergolong lebih maju daripada diffuser lilin. Jenis diffuser ini terbilang unik karena tidak memanfaatkan suhu panas, melainkan menggunakan kipas untuk menyebarkan aromaterapi ke seluruh ruangan.

Selain menggunakan kipas, ada pula evaporative diffuser yang memanfaatkan batang bambu atau disebut juga reed diffuser. Batang bambu digunakan untuk menyerap minyak esensial kemudian melepaskan aromanya ke udara.

Diffuser ini biasanya diletakkan di ruangan yang kecil dan sering dijadikan sebagai pajangan ruangan.

Nebulizer diffuser

Nebulizer diffuser bekerja dengan cara memecah minyak esensial menjadi molekul kecil sebelum menyebarkannya ke dalam ruangan. Perangkat ini memiliki botol kaca silinder di bagian tengahnya sehingga terkesan elegan.

Kelebihan diffuser jenis ini adalah jangkauannya yang luas, sehingga cocok digunakan di ruangan besar. Sayangnya diffuser ini yang paling susah dibersihkan dan menimbulkan ke bising

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *