Tips Agar Mainan Lego Spiderman Tidak Tertelan Anak

lego spiderman

Lego spiderman adalah lego karakter yang baik anak-anak maupun dewasa  sangat menyukainya. Meskipun pada dasarnya kita harus paham mana lego yang cocok untuk usia anak dan mana yang cocok untuk dewasa. Karena bagi anak bisa saja kompartemen yang kecil rawan terinjak dan juga tertelan. Terutama bagi anak yang masih dalam fase oral dan belum bisa membedakan mana yang boleh dia masukkan ke dalam mulut tanpa tertelan dan mana yang tidak boleh. Namun secara umum lego mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi kemampuan atau perkembangan otak dan motorik anak.

Sehingga bagi para orangtua yang ingin mengenalkan lego, baik itu lego spiderman set maupun lego untuk usia mereka harus tetap berhati-hati untuk menghindari mereka menelannya atau membahayakannya. Berikut ini kami akan mengulas beberapa tips saat anak kita kenalkan pada permainan lego.

Cara Anak Bermain Lego Karakter Agar Tidak Tertelan

Lego spiderman maupun karakter lego lainnya mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan anak. Dari mulai mengasah motorik mereka hingga kemampuan berpikir mereka. Sehingga ada baiknya salah satu koleksi mainan anak yang harus ada di rumah adalah lego. Namun ada beberapa hal yang harus orangtua lakukan agar sang anak tetap aman ketika bermain lego.

  • Pemberian Pendampingan

Ketika anak bermain lego spiderman dengan kompartemen yang banyak dan ukurannya yang kecil. Maka sebagai orangtua kita harus melakukan pendampingan dengan cara menemani mereka bermain dan memberikan penjelasan bahwa mainan tersebut tidak bisa mereka makan. Pengawasan seperti ini tentunya akan menghindari mereka menelan blok lego atau kompartemen lego yang kecil.

Selain itu proses pengawasan juga memberikan manfaat yang lebih banyak loh, diantaranya bisa membangun diskusi dengan anak terkait bagaimana mereka menyelesaikan tantangan yang ada. Dari diskusi tersebut anak juga belajar bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik.

  • Memisahkan Lego Anak dan Orangtua

Lego ada berbagai macam jenis dengan target pasar dari mulai anak-anak hingga dewasa. Apabila orangtua tidak bisa mengawasi anak secara fulltime memang ada baiknya memilih jenis lego yang sesuai dengan usia mereka. Bagi anak yang masih dalam fase oral tentunya lego karakter seperti lego spiderman tidak bisa mereka mainkan secara mandiri aliyas harus dengan pengawasan.

Selain itu orangtua juga bisa memisahkan antara mana lego yang bisa dimainkan anak tanpa pengawasan dan mana lego milik orangtua yang boleh mereka mainkan ketika ada pengawasan. Hal ini tentunya untuk menghindari anak menelan kompartemen lego yang kecil. Simpan lego orangtua di tempat yang jauh dari jangkauan anak untuk menghindari mereka bisa menemukan dan memainkannya sendirian.

  • Memilih Lego dengan Kompartemen Besar

Agar lebih aman saat memainkan lego ada baiknya hindari lego yang mempunyai kompartemen kecil seperti lego spiderman. Orangtua bisa memilihkan mereka lego yang mempunyai kompartemen besar dan warna warni. Kompartemen besar tentunya agar tidak bisa mereka telan dan warna warni agar anak tidak cepat bosan saat memainkannya. Jika usia mereka masih toodler maka alangkah baiknya pilihkan yang lego classic agar lebih aman.

  • Ciptakan Ruang Mainan Lego

Bermain lego ada baiknya memang di sebuah ruangan yang memang khusus bermain. Hal ini untuk memudahkan orangtua memberikan pengawasan dan menghindari anak membawa kompartemen lego kemana-mana kemudian menelannya. Selain itu adanya ruangan bermain khusus tentunya bisa membuat anak semakin fokus bermain lego, orangtua juga bisa memajang lego yang telah mereka mainkan untuk membuat ruangan menjadi semakin menarik bagi anak.

  • Menjaga Kerapian Lego

Orangtua harus membiasakan anak merapikan lego yang selesai mereka mainkan. Termasuk jika mereka sedang memainkan lego spiderman yang mempunyai kompartemen kecil untuk menghindari part yang hilang maupun tercecer dan nantinya membahayakan mereka apabila terinjak.

  • Membangun Komunikasi dengan Anak

Anak adalah seorang  pembelajar yang baik, sehingga ajak mereka berkomunikasi dan jelaskan bahwa lego yang sedang mereka mainkan bukan untuk dimakan maupun dimasukkan ke mulut. Jelaskan bahaya yang akan mereka dapatkan apabila memasukkan lego ke dalam mulut. Salah satunya bila tertelan mereka akan sulit bernapas dan membutuhkan tindakan medis.

Itulah beberapa tips yang bisa orangtua lakukan saat anak bermain lego. Mainan lego jenis apapun entah itu lego berbentuk balok maupun karakter bisa memberikan dampak positif bagi daya berpikir anak. Namun tentunya ketika akan memberikan lego spiderman maupun karakter orangtua harus memberikan pengawasan dan pendampingan saat bermain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *